Featured
- Get link
- X
- Other Apps
Labels
TIPS !!! Cara menentukan Ukuran Main Jet (MJ) pada motor Balap maupun Korek Harian
Utuk menentukan ukuran spuyer yang pas pada karburator perlu patokan. Jika spuyer terlampau besar, maka bahan bakar hanya terbuang percuma dan power mesin akan ngedrop. Begitu pula jika spuyer terlampau kecil, maka mesin akan cepat panas dan juga performa tidak optimal. Berikut ciri dari setting pilot jet pada karburator motor.
Cara pengecekan dan Solusi
Ciri Main Jet Kebesaran
- Busi basah bensin
- Karburator dan intake manifold mengembun
- Knalpot berasap hitam
- Brebet ketika grip gas terbuka ½ - 1 putaran
- Akselerasi motor berat
- Busi putih kering
- Akselerasi sangat lemah
- Timbul suara 'ngook' di karburator ketika akselerasi
- Knalpot meledak-ledak setelah motor berpacu
- Suhu mesin sangat tinggi
Cara pengecekan dan Solusi
- Cek insulator busiInsulator busi basah dan hitam kering menunjukkan bahwa main jet terlalu besar. Sebaliknya, insulator busi putih kering menunjukkan bahwa main jet terlalu kecil.
- Cek bukaan skepApabila brebet terjadi pada bukaan skep ½ - 1 putaran, maka benar ukuran main jet yang digunakan masih belum tepat. Apabila brebet terjadi pada bukaan skep 0 - ½ putaran, maka bukan main jet melainkan pilot jet maupun cutaway skep yang mengalami trouble.
- Suhu mesin ideal
- Tidak ada ledakan di knalpot
- Elektroda busi tengah dan insulator berwarna merah bata/coklat
NB:
Kondisi di atas merupakan saat dimana mesin dalam kondisi sehat (tidak mengalami kebocoran klep, kompresi, induksi, dsb). Ciri di atas dapat digunakan ketika mengganti karburator maupun ubahan lainnya (knalpot, noken, dsb).
Popular Posts
Daftar Rasio Primer Standar Semua Motor
- Get link
- X
- Other Apps
Ukuran Spuyer Pilot Jet (PJ) dan Main Jet (MJ) Motor Honda
- Get link
- X
- Other Apps
Comments
Post a Comment